Kamis, 20 April 2017

semoga bermanfaat



Harga Diri
images129Pentingnya Memiliki Harga Diri   
Harga diri adalah pandangan keseluruhan dari seseorang tentang dirinya sendiri. Setiap manusia memiliki harga diri, dan  harga diri itu sangat penting bagi manusia. Karena jika seseorang memiliki harga diri yang baik, maka akan dihargai dan dihormati orang lain. Sedangkan seseorang yang tidak memiliki harga diri  yang baik, maka kurang dihargai dan dihormati orang lain. oleh karena itu kita harus mampu menjaga harga diri kita, agar banyak orang yang menghargai dan menghormati kita.
Bentuk-bentuk Harga diri
1. Menghargai diri sendiri
Kita harus menghargai diri kita sendiri, sebelum orang lain menghargai kita. Banyak cara yang dapat kita untuk menghargai diri kita sendiri.
0156  salah satunya dengan melaksanakan kewajiban kita sebagai umat beragama, yaitu sholat lima waktu. Selain itu kita juga harus jujur dalam segala hal, bersikap sopan, taat pada peraturan yang berlaku, dan menghargai orang lain. kalau kita mampu melaksanakan hal-hal tersebut maka kita telah mampu menghargai diri sendiri dan menjaga harga diri kita sendiri.
1. Menghargai orang lain
Dalam kehidupan sehari-hari kita harus menghargai orang lain, baik menghargai orang tua kita, teman-teman kita, dan semua orang disekeliling kita. Karena dengan menghargai orang lain, orang lain juga akan menghargai kita.
images111  Salah satunya menghargai guru dengan cara memperhatikan pada saat guru menjelaskan di depan kelas. Selain kita melaksanakan kewajiban kita menghargai orang lain, dengan memperhatikan guru kita juga dapat menyerap materi yang disampaikan oleh guru. Jadi menghargai orang lain mempunyai banyak manfaat bagi kita.
Menghargai Kelebihan dan Kekurangan Orang Lain
Cermatilah cerita di bawah ini!
Andi anak terpandai di kelas tiga. Nilai-nilai ulangannya selalu bagus. Ia sering membantu teman-temannya yang kesulitan belajar dengan tekun dan sabar. Teman-temannya senang berteman dengannya. Suatu hari, Amin meminta diajari bernyanyi. Meskipun Andi pandai dalam pelajaran, ia merasa kesulitan dalam pelajaran menyanyi. Ia menolak permintaan Amin dengan halus.
Andi mengakui kelemahannya, yaitu tidak pandai menyanyi. Suaranya tidak begitu bagus. Tetapi Andi ingat, Tika anak baru pindahan dari Bandung. Ia pernah cerita menjadi juara menyanyi. Sebagai teman, tika mengajari Amin menyayi dengan sabar.
5Pada waktu pelajaran menyanyi, Tika menunjukkan suaranya. Semua teman-temannya memujinya. Suara Aminpun ternyata tidak mengecewakan. Amin mengucapkan terima kasih kepada Tika. Ia mengakui kelebihan dan kekurangan Andi, Tika, dan dirinya sendiri. Ia tak berkecil hati, sebab masih memiliki keterampilan dalam bidang olah raga. Berbeda dengan Toni teman sekelasnya. Badannya tinggi besar dibanding teman sebayanya. Namun saying, ia pemalas dan terkenal kenakalannya. Ia kurang disenangi teman-temannya. Hampir setiap ulangan nilainya jelek. Sehingga di depan temannya harga dirinya rendah. Dalam cerita di atas Adi, Tika, dan Toni memiliki kelebihan dan kekurangan. Coba sebutkan kelebihan dan kekurangan mereka!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar