Senin, 13 Maret 2017

MENGANALISIS KARYA TULIS ILMIAH



TUGAS 1
(sabtu, 11 maret, 2017)

NAMA : NUR AHYANI
NIM      : E1B114042
E-mail    : nurahyani9612@gmail.cpm
Kompasiana.com : nurahyani
Blog : nurahyani.blogsport.com
No. hp : 085205062610


Hasil analisis kritis terhadap hasil bacaan mengenai hakikat karya tulis ilmiah dengan sub materi pengertian, asal usul, fungsi/manfaat karya tulis ilmiah
Hakekat karya tulis ilmiah
Hakikat karya tulis ilmiah adalah suatu karya tertulis yang disusun seseorang atau kelompok yang bertujuan untuk  membuktikan kebenaran sesuatu secara keilmuan berdasarkan data-data yang logis dan penyusunan yang sesuai metode.

1.      Pengertian karya tulis ilmiah
Karya ilmiah merupakan karya tulis yang menyajikan gagasan, deskripsi atau pemecahan masalah secara sistematis, disajikan secara objektif dan jujur, dengan menggunakan bahasa baku, serta didukung oleh fakta, teori, dan atau bukti-bukti empirik.

2.      Asal usul karya tulis ilmiah
Karya ilmiah adalah suatu tulisan yang disusun secara sistematis dan bersifat lmiah.
      Sistematis, artinya bahwa karya tulis tersebut disusun menurut sistematiaka tertentu sehingga akan tampak keterkaitan antara bagia-bagian atau unsur-unsur dalam tulisan tersebut. Bersifat ilmiah, artinya adalah bahwa karya tulis tersebut menyajikan suatu deskripsi, gagasan, argumentasi, atau pemecahan terhadap suatu masalah yang didasarkan pada fakta atau data (berbagai bukti empiris) dan teori-teori yang telah diakui kesbenarannya.

3.      Fungsi/manfaat karya tulis ilmiah
Fungsi karya ilmiah yang dimaksud adalah fungsi karya ilmiah bagi pembaca. Adapun fungsi tersebut adalah:
a.Sebagai bahan referensi apabila pembaca ingin membuat sebuah karya ilmiah.
b.Sebagai bahan edukatif, yaitu sebagai sarana pendidikan yang dapat meningkatkan wawasan seseorang dalam berbagai bidang ilmu.
c.Menyebarluaskan perkembangan ilmu pengetahuan kepada masyarakat luas atau kelompok tertentu yang terkait (fungsi diseminatif)
Ditinjau dari segi penulisnya, manfaat penulisan karya ilmiah adalah sebagai berikut:
      a. Dengan menulis, kemampuan membaca kita akan semakin berkembang.
            b.   Penulis akan mendapat kesempatan berlatih untuk mengintegrasikan hasil bacaannya dengan gagasannya sendiri, kemudian mengembangkannya menjadi pemikiran atau gagasan yang lebih matang.
            c.   Meningkatkan keterampilan penulis dalam mengembangkan dan menyajikan fakta dan data secara jelas dan sistematis.
            d.   Dengan menulis, penulis merasakan suatu kepuasan intelektual karena penulis telah dapat menyajikan suatu pengetahuan  kepada orang lain.

REFRENSI / SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar